UKM Jurnalistik STAKN Toraja Mengadakan Pelatihan Jurnalistik dan Editing

UKM Jurnalistik STAKN Toraja Mengadakan Pelatihan Jurnalistik dan Editing



JURNALISTIK STAKN Toraja, TORAJA — Sejumlah mahasiswa STAKN Toraja mengikuti Pelatihan Jurnalistik dan Editing yang diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) STAKN Toraja, Sabtu (21/4/2018). 
Reputasi sebuah media masa kini, baik itu berupa majalah, tabloid, bulletin, newsletter ataupun media online, salah satu faktornya sangat ditentukan oleh kualitas editor atau penyunting media tersebut. 
Sayangnya, keterampilan editor atau penyunting media internal baik di lingkungan instansi atau perusahaan, termasuk di organisasi kemahasiswaan, masih sangat kurang. Akibatnya banyak sekali ditemukan kesalahan-kesalahan yang tidak semestinya terjadi. Bukan hanya kesalahan teknis kata, kalimat atau bahasa, melainkan juga persoalan-persoalan non-teknis lainnya, seperti validitas data/fakta, kualitas naskah, sistematika, dan sebagainya.
Melihat hal itu maka UKM STAKN Toraja bidang Jurnalistik berinisiatif untuk melakukan Pelatihan dasar tentang Jurnalistik dan Editing. Pelatihan ini dilakukan atas kerja sama dengan salah satu media online Toraja yaitu Kareba Toraja. Melalui pelatihan, para pengelola/redaksi/editor media-media kemahasiswaan, atau siapapun yang ingin menerbitkan media akan dibekali keterampilan yang sangat penting, agar reputasi media yang diterbitkan benar-benar layak terbit.
Ketua UKM STAKN Toraja yaitu Hengki Prasetio, mengatakan bahwa besar harapan agar setelah mengikuti pelatihan Jurnalistik dan Editing ini diharapkan para peserta akan memahami tugas dan fungsinya sebagai seorang editor, khususnya untuk karya-karya nonfiksi dengan menggunakan prinsip-prinsip penyuntingan yang benar.

Post a Comment

0 Comments